Popular Posts

Tradisi Ngebekten ~ Kraton Yogyakarta

    Tradisi Ngebekten adalah tradisi  yang  selalu diadakan setiap  tahun, yaitu pada setiap hari raya  Idul Fitri, dan masih di dilakukan  di  Kraton Yogyakarta. ngabekten  berasal  dari  kata  bekti  (bahasa  Jawa)  yang artinya berbakti atau tingkah laku seseorang untuk menghormat kepada orang tua atau yang dituakan dan orang yang dihormati. Tradisi ngabekten masih berlangsung di rumah-rumah keluarga Jawa, termasuk di Kraton Yogyakarta.


    Dalam  masyarakat  Jawa,  ngabekten  dilakukan  pada  saat  dilaksanakan  upacara lingkaran hidup, misalnya tetesan, supitan, tarapan, upacara perkawinan dan saat hari raya lebaran.   Maksud  dari  penyelenggaraan  tradisi  ngabekten  adalah  sebagai  ungkapan  rasa hormat dan terima kasih kepada Sri Sultan sebagai junjungan mereka, yang telah memberi rezeki dan pengayoman selama mereka megabdi di kraton. Selain  itu,  tradisi ngabekten di kraton  juga  dimaksudkan  untuk  meminta  maaf  kepada  junjungannya  atas  segala kesalahannya,  baik  yang  disengaja  maupun  tidak  disengaja.  Tradisi  ngabekten  juga diselenggarakan  dengan  maksud  untuk  memohon  doa  restu  orang  tua  supaya  tidak mendapat halangan dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

    Tradisi ngabekten di kraton  ada perbedaan  antara zaman dahulu  dengan  sekarang. Pada zaman dahulu,  tradisi ngabekten pernah diadakan selama satu minggu berturut-turut, kemudian  menjadi  tiga  hari  berturut-turut  dan  terakhir,  sampai  saat  ini  hanya  diadakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada bulan Syawal  tepatnya  tanggal 1 dan 2 Syawal. Tanggal  1  untuk  kaum  laki-laki  dan  tanggal  2  untuk  kaum  wanita  dan  abdidalem  reh Kawedanan  Kapangulon  dan  abdidalem  reh  Kawedanan  Hageng  Sriwandawa  bagian puralaya.

    Dalam  pelaksanaan  tradisi  ngabekten,  waktunya  dibagi  menjadi  beberapa kelompok.  Pada  tanggal  1  Syawal,  untuk  kelompok  laki-laki,  kelompok  pertama  dimulai pada pagi hari jam 09.00, setelah selesai Sholat Idul Fitri.
Kelompok pertama terdiri dari:
•    Para Pangeran.
•    Sebagian putra Sultan yang telah dewasa tetapi belum diangkat menjadi pangeran.
•    Para menantu atau suami putri Sultan yang berpangkat kanjeng Pangeran Harya dan belum kawin lagi.
•    Para  Abdidalem  bupati  sampai  dengan  Abdidalem  yang  berpangkat  Kanjeng Pangeran Harya.

Kelompok kedua dimulai jam 13.00. kelompok kedua ini terdiri dari:
•    Para  abdidalem  yang  berpangkat  bekel  enom  sampai  dengan  abdidalem  yang berpangkat wedana.

Kelompok ketiga dimulai jam 15.00. kelompok ketiga terdiri dari:
•     Para putra Sultan yang belum dewasa.
•    Para cucu sampai canggah laki-laki Sultan.
•    Para suami cucu sampai canggah perempuan Sultan.
•    Para  duda  dari  cucu  sampai  dengan  duda  dari  canggah Sultan  yang  belum  kawin lagi.

Tradisi ngabekten pada tanggal 2 Syawal untuk kaum wanita, namun ada sekelompok yang terdiri  dari  kaum  laki-laki.  Pelaksanaan  tradisi  ngabekten  pada  tanggal  2  Syawal  juga dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
Kelompok pertama dimulai jam 09.00. kelompok pertama ini terdiri dari:
•    Prameswari .
•    Para putri Sultan yang belum kawin.
•    Para janda Sultan yang belum kawin lagi.
•    Para istri pangeran .
•    Para janda pangeran yang belum kawin lagi.
•     Para cucu perempuan Sultan.
•    Para istri cucu laki-laki Sultan.
•    Para janda dari cucu laki-laki Sultan yang belum kawin lagi.
•    Para istri abdidalem bupati sampai dengan para istri kanjeng pangeran harya.
•    Para  janda dari abdidalem bupati  sampai dengan para  istri  kanjeng pangeran harya & para janda dari kanjeng pangeran harya yang belum kawin lagi
•    Abdidalem putri yang berpangkat bupati dari daerah.

Kelompok ke dua dimulai jam 13,00 yang terdiri dari:
•    Para  abdidalem  keparak  yang  berpangkat  bekel    enom  sampai  dengan  yang berpangkat riya bupati enom.
•    Para cicit sampai dengan para canggah perempuan Sultan.
•    Para istri cicit sampai dengan para istri canggah laki-laki Sultan.
•    Para  janda  dari  cicit  sampai  dengan  para  janda  dari  canggah  laki-laki  Sultan  yang belum/tidak kawin lagi.

Kelompok ketiga terdiri dari :
•    Para abdidalem kawedanan kapangulon
•    Para  abdidalem  reh  Kawedanan  Hageng  Sriwandawa  bagian  puralaya,  misalnya: abdidalem  kaji  rolasan,  abdidalem  suronoto,  dan  abdidalem  juru  kunci  makam kerabat kraton.
Mereka  mulai  ngabekti  pada  jam  20.00. Waktu  tersebut  harus  tepat,  terlebih  kalau  Sri Sultan  telah duduk, mereka  tidak boleh menyusul, kecuali mereka yang  sedang mendapat tugas mengawal gunungan.

Tempat pelakasanaan:
  Pada  tanggal  1  Syawal,  tradisi  ngabekten  diadakan  di  bangsal  dan  tratag  bangsal kencana,  kecuali  kelompok  ketiga,  pelaksanaannya  di  bangsal  dan  tratag  bangsal proboyeksa.  Kurang  lebih  satu  bulan  sebelum  pelaksanaan,  Kawedanan  Hageng Sriwandawa  Kraton  Yogyakarta  mengeluarkan  buku  berjudul  “Pranatan Pasowanan/Parakan  Ngabekten”  yang  berisi  peraturan  ngabekten  pada  bulan  Syawal. Buku  tersebut  dibuat  setiap  tahunnya  dan  disebarluaskan  sebagai  buku  panduan pelaksanaan  ngabekten. Urutan  duduk  dalam  tradisi  ngabekten  juga  sudah  diatur. Urutan duduk dimulai dari kerabat paling dekat dengan Sultan.

Busana yang digunakan dalam tradisi Ngabekten.
  Busana yang dikenakan dalam tradisi ngabekten sudah ada aturannya, baik untuk laki-laki  maupun  wanita.  Ketika  pemerintahan  Sri  Sultan  Hamengku  Buwono  VIII,  semua berpakaian  kebesaran,  misalnya  unuk  laki-laki  mengenakan  kain  kampuh,  bercelana panjang putih, berkuluk biru,  tidak berbaju dan  tidak bersandal. Busana  untuk  abdidalem bupati  hanya  kuluknya  yang  putih,  sedangkan  wanitanya  mengenakan  kampuh,  tidak berbaju dan tidak bersandal.   Setelah  zaman  Jepang,  dalam  pemerintahan  Sri  Sultan  Hamengku  Buwono  IX, pakaian kebesaran tidak digunakan lagi. Hanya berpakaian biasa tetapi harus sesuai dengan ketentuan  yang  berlaku,  misalnya  menggunakan  kebaya  warna  warni  tetapi  tidak menggunakan  kuthubaru,  ada  yang  mengenakan  pranakan,  atela  dan  lain-lain,  sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Larangan selama Ngabekten

  Dalam pelaksanaan ngabekten di Kraton Yogyakarta terdapat larangan-larangan yang harus dipatuhi antara lain:
     1.  Pakaian yang dikenakan  tidak boleh menyimpang dari ketentuan  yang ditulis dalam buku pranatan.
     2.  Kalau  Sri  Sultan  telah  hadir  dalam  pelaksanaan  ngabekten,  yang  datang  terlambat dilarang menyusul, kecuali abdidalem yang sedang melaksanakan tugas menyerahkan hajat dalem gunungan kepada abdidalem penghulu, diperbolehkan menyusul.
     3.  Mundur dan majunya  yang  akan ngabekti harus menunggu perintah dari Sri Sultan. Kalau ada yang mundur sebelum selesai, tidak diperbolehkan kembali lagi.
     4.  Selama sowan/marak  tidak diperbolehkan membaca, berkata keras-keras,   menunjuk ke arah sesuatu (Jawa=nuding), terlebih kalau Sultan telah ahdir.
     5.  Pada saat ngabekti tidak boleh menyandang senjata tajam.
     6.  Harus urut satu per satu dan rapi sesuai dengan urutan dalam peraturan.

No comments:

Post a Comment