Popular Posts

Tradisi Ngoncang ~ Buleleng, Bali

    Tradisi  adat  Ngoncang di desa adat Pegadungan, kecamatan  Sukasada,  kabupaten Buleleng merupakan salah satu tradisi yang masih tumbuh dan  hidup  di  dalam  kehidupan masyarakat  desa  Pegadungan, kecamatan  Sukasada,  kabupaten Buleleng.  Dalam  hal  ini  ngoncang diartikan  bahwa  kegiatan  adat  yang dilakukan  secara  berkelompok  yang terdiri  dari  lima  sampai  enam  orang dalam  satu  kelompoknya,  yang dilakukan  dengan  cara memukulkan elu  (  batang  kayu  berbentuk  bulat memanjang)  kedalam  ketungan. Dalam  pelaksanaanya  tradisi  ini memiliki  aturan  dan  harus dilaksanakan,  meskipun  aturan  itu tidak  tertulis,  namun  aturan  tersebut dilaksanakan  secara  turun  temurun sehingga wajib dilaksanakan.


    Tradisi  adat  ngoncang merupakan  wujud  kebersamaan  dan keharmonisan  antara  manusia dengan  Tuhan,  manusia  dengan sesaman  manusia  dan  manusia dengan  lingkungannya.  Tradisi  adat ngoncang  dilaksanakan  pada  saat diadakannya  upacara motonan  (sapu legar) dan pada  saat upacara ngaben (ngaben  masal).  Tradisi  adat ngoncang  akan dilaksanakan sebelum dimulai nya suatu upacara.

    Dalam  pelaksanaan  tradisi ngoncang  dilaksanakan  secara berkelompok  dengan  memukulkan elu  ( batang  kayu  berbentuk  bulat memanjang ) kedalam ketungan (alat penumbuk  padi)  yang  dimainkan secara berirama, dimana dalam irama yang  dimainkan  mengandung  arti yang sakral.

    Ketungan  adalah alat yang digunakan untuk  menumbuk  padi menjadi  beras  pada  zaman  dahulu. Tradisi  ngoncang  hanya  dapat dilakukan  oleh  para  kaum  wanita saja,  dimana  hal  ini  karena  pada zaman  dahulu  hanya  kaum  ibu-ibu yang menumbuk padi menjadi beras, sehingga  tradisi  ngoncang  berawal dari  fungsi  ketungan  pada  zaman dahulu.  Pada  upacara  ngaben (ngaben  masal)  dalaksanakannya tradisi  ngoncang  adalah  karena dipercaya  bahwa  ngoncang  itu sebagai  sarana  komunikasi  kepada para roh-roh leluhur keluarga.

    Tradisi adat ngoncang di desa Pegadungan  yaitu  keyakinan. Bagi  masyarakat  desa Pegadungan,  tradisi ngoncang  memiliki  tujuan yang sangat diyakini keramat yang  mampu  memberikan keseimbangan  hidup  antara sekala  dan  niskala.  Melebur dan  menghilangkan  mala atau  segala  sesuatu  yang bersifat  negatif.  Rasa  yakin dari  setiap warga masyarakat desa  Pegadungan  muncul karena  percaya  dengan adanya  kekuatan  gaib  yang menguasai  setiap masyarakat untuk  terus  melaksanakan tradisi  ngoncang.  Dan  akan terjadi  sesuatu  yang  akan mencelakakan  apabila  berani meniadakan tradisi ngoncang. Tradisi  ngoncang  dalam kaitannya  dengan  konsep  Tri Hita  Karana,  yaitu parahyangan  (hubungan manusia  dengan  Tuhan), pawongan  (hubungan manusia  dengan  lingkungan) dan  palemahan  (huungan manusia  dengan  manusia). Dalam  kaitannya  dengan parahyangan,  tradisi ngoncang  di  konsepkan sebagai  suatu  persembahan yang kita tujukan kepada para leluhur  dan  para  dewa-dewa, bawasannya  kita  sebagai generasi  telah  melakukan suatu  ritual  yang menghantarkan  roh  para leluhur  untuk  menuju  suatu tempat  yang  damai  di  alam niskala.

    Masyarakat  desa  Pegadungan percaya  dengan dilaksanakannya  tradisi ngoncang  akan  terjalin hubungan  harmanis  antara manusia  dengan  lingkungan, dan  apabila  tidak dilaksanakannya  tradisi  ini maka  akan  terjadi  hal-hal yang  tidak  diinginkan.  Dan kaitannya dengan palemahan, dalam  prosesi  ritual ngoncang  akan  dilaksanakan oleh  enam  orang  ibu-ibu. Disaat  ritual  dilaksanakan  ke enam  orang  tersebut  akan menghentakkan  alu  kedalam ketungan  dengan  irama  yang serasi  yang menandakan  satu kesatuan,  bawasannya  dalam tradisi  ngoncang  ini  dapat menumbuhkan  rasa  satu kesatuan  antara  sesama manusia.  Rangkaian pelaksanaan  tradisi ngoncang ini dibagi dalam dua tahapan, yaitu  tahapan  persiapan  dan tahapan  pelaksanaan,  dalam tahapan  persiapan,  yang disiapkan  adalah  alu  dan ketungan. Dan dalam tahapan pelaksanaan,  tradisi ngoncang  ini  pada  upacara ngaben  akan  dilaksanakan pada  saat  akan  dilaksanakan proses  pembersian (pemandian mayat)  dan  akan dilaksanakan  pada  saat  akan dilaksanakannya  prosesi mengantarkan mayat ke seme (kuburan).  Nilai-nilai  yang mendasari  tradisi  ngoncang ini  adalah  (1)  Nilai  sosial, hubungan  solidaritas  di kalangan anggota masyarakat desa  setempat  untuk melakukan  interaksi  antar sesamanya  guna  menjaga hubungan  harmonis merupakan  suatu  nilai  sosial. Dimana  dengan  nilai  sosial tersebut,  anggota  kelompok akan  merasa  sebagai  satu kesatuan.  (2)  Nilai  budaya, apabila  tradisi  ngoncang  ini tidak  dilaksanakan  pada  saat upacara  keagamaan  yakni akan  lunturnya  atau hilangnya  nilai  budaya  yang merupakan  warisan  dari nenek  moyang.  (3)  Nilai religius,  masyarakat  desa Pegadungan  merupakan  desa yang menjunjung tinggi nilai-nilai  keseimbangan  dan keharmonisan  menganai hubungan  manusia  dengan Tuhan  (parhyangan), hubungan  sesame  manusia (pawongan),  dan  hubungan manusia  dengan lingkungannya  (palemahan) yang  tercermin  dalam  ajaran Tri  Hita  Karana.  Apabila manusia  mampu  menjaga hubungan yang seimbang dan harmonis  dengan  ke  tiga aspek-aspek  tersebut  maka kesejahtraan akan terwujud.

    Nilai-nilai  religius pada  tradisi ngoncang terdapat  pada  keyakinan masyarakat  Desa Pegagungan.  Sesuai  dengan penuturan  Ketut  Sukantra yang  menuturkan  bahwa tradisi  ngoncang  ini merupakan  tradisi  yang mutlak  harus  dilaksanakan pada upacara ngaben (ngaben masal ) dan  upacara motonan (sapu  lagar).  Hal  itu  jika ditinjau lebih lanjut tradisi ini menurut  beliau  apabila  tidak dilaksanakan  pada  saat upacara  keagamaan  maka dapat  mengganggu keseimbangan  alam  di  Desa Pegadungan.  Sebagai penuturan  lebih  lanjut  dari Ketut  Wila  selaku penyarikan,  menyatakan bahwa  masyarakat mempunyai persepsi terhadap tradisi  ngoncang ini benar memiliki  nilai  religious magis yang  digunakan  sebagai sarana  untuk  memohon keselamatan  dan  kedamaian seluruh mahluk hidup di alam semesta ini.

No comments:

Post a Comment